Bab 4.4 – PRINSIP KESEJAHTERAAN UMUM

Untuk Android :


Lanjutan Bab 4.

4. PRINSIP  KESEJAHTERAAN  UMUM.

156. Ekologi manusia  tidak  terlepas  dari  gagasan  kesejahteraan umum, prinsip yang memainkan peran sentral  dan pemersatu dalam etika sosial. Kesejahteraan umum adalah “keseluruhan kondisi-kondisi kemasyarakatan yang memungkinkan kelompok-kelompok maupun anggota perorangan, mencapai kesempurnaan mereka secara lebih penuh dan lebih mudah”.

157. Kesejahteraan umum mengandaikan penghormatan terhadappribadi manusia apa adanya, denganhak-hak dasar dan mutlak yang diarahkan kepada pengembangannya yang integral. Kesejahteraan umum juga menuntut kesejahteraan sosial dan pengembangan berbagai kelompok perantara, sesuai dengan prinsip Di antaranya mencolok secara khusus adalah keluarga sebagai sel dasar masyarakat. Akhirnya, kesejahteraan umum membutuhkan kedamaian sosial, yang berarti stabilitas dan keamanan berdasarkan tata tertib tertentu, yang tidak dapat dicapai tanpa perhatian khusus untuk keadilan distributif, yang pelanggarannya selalu menimbulkan kekerasan. Seluruh masyarakat—dan di dalamnya secara khusus negara—memiliki kewajiban untuk membela dan memajukan kesejahteraan umum.

158. Dalam kondisi masyarakat global sekarang ini, dengan begitu banyak ketimpangan dan makin banyak orang yang terpinggirkan, dirampas hak-hak asasinya, prinsip kesejahteraan umum langsung, sebagai konsekuensi logis dan tak terelakkan, menjadi seruan solidaritas dan prioritas pilihan bagi kaum miskin. Pilihan ini berarti menarik segala konsekuensi dari tujuan umum barang- barang duniawi, tetapi, seperti telah saya coba ungkapkan dalam Seruan Apostolik Evangelii Gaudium, hal ini pertama-tama meminta untuk memperhatikan martabat sangat besar orang miskin dalam terang keyakinan iman yang Kita hanya perlu melihat realitas di sekitar kita untuk memahami bahwa pilihan ini sekarang menjadi tuntutan etis mendasar untuk mewujudkan kesejahteraan umum secara efektif.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *